Hakikat Pembelajaran


Pembelajaran menurut Sudjana (Sugihartono, 2007: 80) bahwa pembelajaran merupakan setiap upaya yang dilakukan dengan segaja oleh pendidik yang dapat menyebabkan peserta didik melakukan kegiatan belajar.
Pembelajaran  menurut Nasution (Sugihartono 2007: 80) sebagai suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak didik sehingga terjadi proses belajar. Lingkungan dalam pengertian ini tifak hanya ruang belajar, tetapi juga meliputi guru, alat peraga, perpustakaa, laboratorium, dan sebagainya yang relevan dengan kegiatan belajar siswa.
Menurut Biggs (Sugihartono, 2007: 80-81) konsep pembelajaran dibagi dalam 3 pengertian, yaitu:
1.    Pembelajaran dalam pengertian kuantitatif
Secara kuantitatif pembelajaran berarti penularan pengetahuan dari guru kepada murid. Dalam hal ini guru dituntut untuk menguasai pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat menyampaikanya kepada siswa dengan sebaik-baiknya.

2.    Pembelajaran dalam pengertian Institusional
Secara Institusional pembelajaran berarti penataan segala kemampuan mengajar sehingga dapat berjalan efisien. Dalam pengertian ini guru dituntut untuk selalu siap mengadaptasikan berbagai teknik mengajar untuk bermacam-macam siswa yang memiliki berbagai perbedaan individual.
3.    Pembelajaran dalam pengertian kualitatif
Secara kualitatif pembelajaran berarti upaya guru untuk memudahkan kegiatan belajar siswa. Dalam pengertian ini peran guru dalam pembelajaran tidak sekedar menjejalkan pengetahuan kepada siswa, tetapi juga melibatkan siswa dalam aktifitas belajar yang efektif dan efisien.

Pembelajaran merupakan sebuah sistem. Dimana komponen dari sistem tersebut adalah pendidik, peserta didik, pengetahuan, dan alat bantu pendidikan. Pendidik merupakan organisator yang mengatur beberapa komponen system lain sehingga tercipta sebuah proses transfer of knowledge  yang melibatkan peserta didik dan alat bantu lainnya.
Pendidik melakukan hubungan langsung dengan peserta didik, pendidik juga menghubungkan peserta didik dengan alat bantu pendidikan. Jadi dengan beberapa tindakan yang dilakukan oleh pendidik inilah sebuah pembelajaran yang baik akan berlangsung.

wdcfawqafwef