Hakikat Sarana dan Prasarana

Dalam proses pembelajaran banyak hal yang membantu tercapainya tujuan pembelajaran salah satunya adalah sarana prasarana. Menurut Agus S Suryobroto (2004:4), sarana atau alat adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam pembelajaran pendidikan jasmani, mudah dipindah bahkan dibawa oleh pelakunya atau siswa. Sedangkan pengertian prasarana menurut Soepartono (2000:5), adalah sebagai sesuatu yang mempermudah atau memper lancar tugas dan memiliki sifat yang relatif permanen. Salah satu sifat tersebut adalah susah dipindahkan.
Menurut Situmorang 1996:57 yang dikutip oleh Wiwin Maryanti (2004:21), apabila siswa melakukan kegiatan belajar tanpa didukung adanya fasilitas pendidikan yang lengkap hal ini dapat 




menghilangkan gairah praktik pada siswa. Sebaliknya jika siswa 




melakukan kegiatan belajar mengajar yang didukung dengan fasilitas 




yang lengkap maka hal ini akan memberikan gairah kepada siswa. 




Lebih lanjut Situmorang mengatakan dalam penelitiannya bahwa 




sekolah yang memiliki fasilitas yang lengkap akan menghasilkan siswa 




yang berpengetahuan yang lebih banyak. 




Dari beberapa teori di atas dapat disimpulkan bahwa sarana dan 




prasarana olahraga merupakan salah satu faktor yang penting dalam 




proses pembelajaran pendidikan jasmani. Tanpa 




adanya 




sarana 




prasarana 




maka 




akan 




menghambat dalam proses pembelajaran 




pendidikan jasmani. Kelengkapan dan tercukupinya sarana prasarana 




olaharaga akan mendukung dalam proses pembelajaran pendidikan 




jasmani. Sehingga 




sarana 




prasarana 




pendidikan jasmani 




perlu 




diperhatikan baik oleh 




guru 




pendidikan jasmani 




maupun pihak 




sekolah. Keberadaan sarana 




prasarana 




pendidikan jasmani yang 




tercukupi serta kondisinya yang layak untuk digunakan, maka dalam 




proses pembelajaran pendidikan jasmani akan berjalan lancar tanpa 




ada hambatan dari faktor sarana prasarana. Sedangkan keberadaan 




sarana dan prasarana yang terbatas dan kondisinya yang tidak layak 




untuk digunakan akan menyulitkan atau menghambat dalam proses 




pembelajaran pendidikan jasmani. Dari permasalahan sarana dan 




prasarana tersebut hendaknya guru pendidikan jasmani harus kreatif 







dalam 




memodifikasi 




sarana 




prasarana 




yang 




ada. 




Sehinggga 




keterbatasan sarana prasarana dapat diatasi oleh guru pendidikan 


jasmani

wdcfawqafwef